Minggu, 31 Maret 2013

Arti Sahabat, Dari Drama Remaja Menuju Konflik Keluarga





TIDAK mudah mempertahankan sebuah sinetron untuk tayang selama setahun, tanpabreak season, seperti sinetron Arti Sahabat (Indosiar) yang sudah tayang 11 bulan.
Peraih penghargaan Festival Film Bandung 2011 kategori Sinetron Remaja Terpuji ini memang tidak pernah menduduki rating nomor 1. Jangankan nomor 1, top 10 saja jarang. Lalu apa faktor yang membuat sinetron produksi Rapi Films ini bertahan lama?
Rating tidak tinggi, namun share Arti Sahabat stabil. Share weekly periode 8-14 Mei ada di angka 13,9%. Ini lebih tinggi dari share sinetron malam Indosiar macam Cahaya Cintayang di kisaran angka 11%.
Sinetron yang dibintangi Yuki Kato, Kevin Julio dan Stefan William ini tayang di slot pukul 17.00-18.00 WIB alias non-prime time. Kalangan dewasa, pastinya masih berada di jalan menembus kemacetan Jakarta di jam tayang ini. Tapi dari segi cerita, pemain dan jam tayang jelas sinetron ini menyasar kalangan remaja SMP-SMA.
Buat yang mengikuti dari awal, mungkin mencium kesamaan cerita Arti Sahabat dengan telenovela Rebelde Way. Terutama pada karakter Fathir (Kevin Julio) yang diceritakan menaruh dendam pada Sukmo Agung (Marcellino Lefrand), ayah Vita (Cut Meyriska), pacarnya.
Namun seiring waktu berjalan, konflik ini justru tenggelam. Arti Sahabat fokus pada kehidupan anak-anak SMA 25. Mulai membentuk band, persiapan prom night, kompetisi basket, kompetisi pemandu sorak, pemilihan anggota OSIS, persaingan antar sekolah, sampai berlibur bersama, jadi konflik Arti Sahabat sehari-hari. Sangat remaja.
Mulai bulan April 2011, tepatnya di episode 249, Arti Sahabat mengalami penyegaran. Tokoh-tokoh utamanya dikisahkan sudah lulus SMA dan masuk perguruan tinggi. Bedanya, kehidupan kampus tak lagi ditonjolkan.
Percintaan Yudha (Stefan William)-Ajeng (Yuki Kato) terganggu saat Dharma (Marcello Djorghi), ayah Yudha tersangkut masalah hukum dan keuangan ketika berbisnis dengan Cathy Milano (Catherine Wilson).
Cathy berjanji akan membantu Dharma jika Yudha mau memacari Rena (Shandy Ishabella), putri Cathy. Rena memang sangat memuja Yudha. Namun Rena tak pernah meminya Cathy merancang rencana ini. Cathy hanya ingin melihat putrinya bahagia.
arti-sahabatMasih ada Revan (Raffi Ahmad), anak tiri Cathy menaruh hati pada Ajeng. Revan bahkan rela menerima ajakan Ajeng untuk pura-pura jadi pacarnya supaya Yudha tak lagi mengejarnya.
Sementara Natasha (Rima Melati Adams), ibu Yudha yang terkena kanker semakin tersiksa dengan kemelut yang melanda keluarganya. Muncul Kenzo (Ari Wibowo), adik Natasha yang bertekad membalas dendam pada Cathy.
Konflik keluarga menjadi bumbu penting Arti Sahabat ketika ibu kandung Revan (Tia Ivanka) masih hidup dan disekap Cathy. Secara tak sengaja Kenzo menyelamatkannya dari orang suruhan Cathy dan memberi identitas baru: Marissa. Marissa dan Kenzo bekerjasama menghentikan kejahatan Cathy.
Konflik remaja masih ada, sih. Hubungan Fathir-Vita terganggu dengan kemunculan Bryan (Maxime), yang naksir berat Vita.
Pasangan Mike (Rizky Alatas)-Angel (Nina Zatulini) diteror kemunculan Nadia (Angelica Faustina), yang ngebet menggebet Mike.
Dengan dominasi Ari di tayangan kemarin, ternyata sharenya masih di atas 14%. Well, kalau dulu Arti Sahabat hanya ditonton ABG, mungkin kemunculan Ari Wibowo dan Tia Ivanka mampu menarik minat ibu-ibu untuk ikut menonton.
Sedianya, Ari Wibowo-Tia Ivanka hendak dipasangkan dalam sinetron Rapi Films lainnya berjudul Stroberi dan Vanilla, yang promonya sempat tayang di MNC TV.
Namun belakangan tak nampak lagi promo sinetron itu, keduanya malah dipasangkan di Arti Sahabat.
Semoga munculnya artis senior dan konflik keluarga yang berkembang bisa membuat Arti Sahabat bertahan. Tanggal 7 Juni nanti, genap setahun, lho.
Mungkin Anda bertanya, genap setahun kok jumlah episodenya masih 270-an? Arti Sahabat hanya tayang Senin-Jumat pukul 17.00, dengan durasi normal. Kalau pun tayang Sabtu-Minggu, itu merupakan tayangan ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar